Produksi Unggulan Desa Notorejo

                 Desa Notorejo merupakan kawasan yang sejak dulu para warganya telah memproduksi genteng, produksi ini secara turun temurun menjadi pekerjaan yang banyak ditekuni warga notorejo, hal ini membuat industri genteng menjadi produksi unggulan desa notorejo yang sudah populer di kalangan para konsumen genteng di wilayah Tulungagung dan sekitarnya, produk ini bahkan sampai dikirim ke luar pulau seperti ke Bali, Sumatra, dan kalimantan.
             
                Memproduksi genteng tidaklah mudah, butuh tahapan-tahapan dalam proses pembuatanya dan memerlukan waktu yang relatif lama. berikut ini adalah beberapa tahapan dalam proses pembuatan genteng produksi Desa Notorejo.

 Proses Penghalusan 
Proses ini yaitu dengan menghaluskan sisa-sisa tanah liat yang menempel pada bagian genteng dengan cara di sisik atau biasa disebut dengan kesik.


Proses Pembakaran
Proses selanjutnya adalah pembakaran.Pembakaran genting biasanya berlangsung selama 1 hari dimana suhu mencapai dengan kurang lebih 600 derajat.

Proses Pemilihan
Proses ini adalah proses akhir dari pembuatan gentng yaitu pemilihan dan penyortiran geteng yang siap pakai.



          Demikianlah proses pembuatan genteng yang dikerjakan mayoritas warga Notorejo dan telah menjadi Produksi Unggulan Desa Notorejo.

0 komentar:

Posting Komentar